Pentingnya Infografis Sebagai Salah Satu Media Pemasaran

Pentingnya Infografis Sebagai Salah Satu Media Pemasaran

Pentingnya Infografis Sebagai Salah Satu Media Pemasaran

Infografis memiliki banyak manfaat untuk penyampaian informasi. Pada era disrupsi informasi, konsumen memiliki keterbatasan waktu dan energi untuk memahami maupun membaca informasi produk yang disampaikan. Infografis dengan kekuatan visual dan pesan singkat yang menarik dapat mengurangi barrier/halangan tersebut. Infografis mengilustasikan informasi yang memiliki sedikit teks, dan berperan sebagai ringkasan informasi secara visual.

UMKM membutuhkan kemampuan membuat infografis agar dapat menyusun informasi produk secara visual sehingga dapat meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran produk UMKM. Namun, kenyatannya sebagian besar pelaku UMKM belum memiliki keahlian dalam pembuatan infografis. Oleh karena itulah, sebagai salah satu bentuk Tridharma perguruan tinggi, dosen-dosen di prodi Ilmu Komunikasi bermaksud membantu UMKM dengan memberikan pelatihan yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

Sharing tentang infografis pada Desa Alamendah berhasil diselenggarakan pada hari Kamis, 3 Desember 2020,yang dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Para peserta yang hadir sangat antusias mendengarkan materi dan terjadi interaksi yang cukup baik untuk mendalami hal-hal terkait materi ini. Ternyata, konsep tentang infografis sebagai salah satu tampilan yang efektif dalam media promosi begitu disadari oleh para peserta sebagai amunisi sebelum melakukan kegiatan pemasaran. Konsep tersebut bisa menjadi pemandu agar promosi yang dilakukan dapat dijalankan dengan baik sehingga  bisa membuahkan hasil yang maksimal. Apalagi dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan kegiatan Festival Kopi “Salumur” yang akan menampilkan produk Kopi khas  Desa Alamendah. Sehingga dengan pengetahuan yang mumpuni dalam membuat konten infografis diharapkan promosi event Salumur dapat lebih maksimal.

Salah seorang narasumber yang juga merupakan dosen prodi Ilmu Komunikasi Telkom University, Ibu Ira Dwi Mayangsari, mengatakan bahwa kunci keberhasilan pembuatan konten infografis terletak pada pengetahuan kita secara utuh tentang produk dan target market. Informasi awal ini menjadi data penting untuk menentukan kira-kira gaya apa yang pas untuk pembuatan konten.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dalam pembuatan konten Infografis  adalah positioning produk, seperti yang diungkap oleh narasumber lain, yaitu  Ibu Itca Istia Wahyuni dan Ibu Alila Pramiyati, bahwa sesungguhnya keberhasilan promosi berawal dari pemilihan positioning yang tepat. Hal itu sangat dipengaruhi oleh sejauhmana kita mengenali pasar, maka pilihan-pilihan warna dan font dalam infografis akan mengacu pada positioning tersebut. Dengan demikian, memahami konten infografis sebagai media komunikasi  menjadi salah satu  instrument penting dalam menciptakan keberhasilan dalam kegiatan promosi.

Share with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *