Apa yang Dimaksud Dengan Public Relation? Bagimana Perannya

Apa itu Public Relation Officer atau Humas dan mengapa perannya sangat penting untuk kemajuan dan citra positif bagi sebuah perusahaan. 

Apa yang Dimaksud Dengan Public Relation Officer?
Public Relation Officer atau Humas

Perkembangan internet berkembang sangat pesat. Kehadiran internet memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis dan Public Relation Officer (PRO). Dalam lingkup PRO, internet berperan penting dan tidak bisa dipisahkan. Jika dimanfaatkan dengan baik, maka bisa berdampak terhadap kemajuan perusahaan. 

Apa Itu Public Relation Officer? 

Adanya Public Relation Officer sangat penting bagi sebuah perusahaan. Public relation merupakan individu yang bergerak dan bekerja sama untuk melaksanakan tugas utama untuk mengelola informasi dan komunikasi sebuah perusahaan ke khalayak ramai. 

Intinya Public Relation mempunyai tanggung jawab untuk mengelola hubungan baik yang terbentuk antara perusahaan dan publik. Banyak yang menyebutnya dengan Humas atau Hubungan Masyarakat yang biasanya ada di berbagai macam organisasi. Tapi tetap fungsi utamanya sebagai penyampai informasi. 

PRO akan berkomunikasi secara aktif dengan publik, klein, dan pemangku kepentingan lain sebagai perwakilan sebuah perusahaan. Bukan hanya itu saja, sebagai PRO Public Relation Officerjuga harus menjaga reputasi bisnis. 

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk komunikasi, baik itu offline atau online. Bahkan ada beberapa perusahaan yang memberikan tugas kepada PRO Public Relation Officer untuk membuat sebuah riset untuk mengetahui ekspektasi dan tuntutan dari publik. 

Alasan Perusahaan Membutuhkan Public Relation

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan PRO Public Relation Officer. Pastinya penasaran kenapa sebuah perusahaan membutuhkannya. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan membutuhkan seorang PRO, berikut ulasannya. 

Membantu mengelola reputasi

Sebagai seorang PRO tentunya harus bisa menjaga reputasi perusahaannya. Kemungkinan besar akan menghadapi berbagai masalah yang berkaitan dengan pelanggan yang tidak puas atau media sosial yang menyerang dan mengkritik seberapa buruk produk yang dihasilkan. 

Jika terjadi seperti itu. Maka koneksi media sosial bisa membantu untuk memperbaiki masalah tersebut melalui konferensi atau pers sederhana. 

Memperkuat hubungan masyarakat

PRO juga bisa memperkuat hubungan masyarakat. Ketika membuat hubungan baru, berarti sedang membangun hubungan dengan pasar yang bisa berkaitan dengan bisnis yang sedang dijalankan. 

Selain itu, sebagai PRO harus membangun hubungan yang berkelanjutan dengan banyak kontributor penting untuk mengetahui bisnis yang dijalankan menjadi sumber baik bagi masyarakat sekitarnya. Seberapa penting adanya PRO bagi sebuah perusahaan? Tentu saja sangat penting, oleh karena itu banyak yang memilih jurusan kuliah yang berhubungan dengan Public relation. Dan Telkom University bisa menjadi rekomendasi jurusan kuliah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *