KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS  “PEMANFAATAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SDT KRIDA NUSANTARA BANDUNG”

KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DOSEN FAKULTAS KOMUNIKASI DAN BISNIS “PEMANFAATAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SDT KRIDA NUSANTARA BANDUNG”

Teknologi memiliki dampak yang sangat besar, salah satunya di bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi juga dirasakan mampu menjadi solusi dari permasalahan yang muncul setelah pandemi Covid-19 ini ada, dimana penyelenggara pendidikan tetap diwajibkan untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan cara jarak jauh (online) atau daring. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran daring telah menjadi bagian penting dalam menyelenggarakan pendidikan oleh banyak institusi di seluruh dunia. Selain itu, pembelajaran daring telah merubah sedikit banyak konsep pendidikan tradisional, dimana hadir secara fisik di ruang kelas bukan satu-satunya pilihan dalam melaksanakan pembelajaran.

Belajar secara online atau daring mendukung adanya fleksibiltas dalam mengatur jadwal waktu belajar yang dapat disesuaikan dengan agenda semua partisipan, sehingga secara tidak langsung mengajarkan keterampilan manajemen waktu yang lebih baik. Dalam melaksanakan pembelajaran daring, siswa hanya perlu mengakses konten pembelajaran baik berupa video, foto maupun eBook, hal tersebut sangat memudahkan siswa untuk mengulang kembali penjelasan materi yang dirasa belum dipahami. Selain itu dengan adanya pembelajaran daring sangat dimungkinkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus dibatasi oleh ruang dan waktu.  Pada saat inilah, dapat dikatakan bahwa dunia pendidikan telah memasuki era baru atau dapat disebut dengan revolusi pendidikan online.

Namun di satu sisi, perlu adanya persiapan dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, baik itu dari sistem, konten pembelajaran, tenaga pendidik dan siswa agar inovasi dalam penyelenggaraan pembelajaran daring dapat terus berkembang. Keberhasilan dari suatu model ataupun media pembelajaran tergantung dari karakteristik peserta didiknya. SDT Krida Nusantara adalah salah satu dari banyak Sekolah Dasar yang juga mengalami dampak Corona dan wajib melakukan pembelajaran online. Kesulitan yang terjadi adalah guru-guru SDTKN terbiasa melakukan pembelajaran offline sehingga mengalami kesulita Ketika harus menyampaikan pembelajaran secara online. Maka dari itu Telkom University melalui dosen-dosen di Fakultas Komunikasi dan Bisnis melakukam kegiatan  Pengabdian kepada masyarakat berupa Workshop “Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru” yang diharapkan dapat memberikan informasi dan motivasi terkait proses pengembangan dan implementasi pembelajaran daring yang dapat diterapkan oleh  sekolah dasar di Indonesia. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini diketuai oleh Dr. Iis Kurnia, M. Hum; dosen di program studi S1 Ilmu Komunikasi Bersama Marheni Eka Saputri, S.T.,M.BA, selaku dosen di Program studi Administrasi Bisnis. Bertindak selaku narasumber adalah  Nana Juhana S.T., M.T sebagai praktisi dan pakar IT. Pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini juga dibantu oleh beberapa rekan mahasiswa dari Fakultas Komunikasi dan Bisnis.  Adapun peserta workshop ini adalah 17 guru di SDT Krida Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan di bulan Mei 2021 di ruang serba guna SDT Krida Nusantara di desa Ci[padung Jawa Barat

Menurut peserta workshop “Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru” ini  memberikan manfaat berupa ilmu dan pengalaman dalam mengartikan panduan teknis dalam pengembangan dan implementasi pembelajaran daring di sekolah khususnya penggunaan Google Classroom untuk pembelajaran dan ujian daring di SDT Krida Nusantara; memberikan informasi terkait proses pengembangan dan implementasi pembelajaran daring khususnya penggunaan Google Classroom untuk pembelajaran dan ujian daring di SDT Krida Nusantara; selain itu, kegitan ini juga memberikan motivasi kepada sekolah dasar terkait peluang pemanfaatan online learning Indonesia di masa depan masih sangat besar.

Foto:

Foto 1. Penandatanganan Berita Acara Pelaksanaan PKM oleh Kepala Sekolah SDT. Krida Nusatara

 

Foto 2. Peserta Workshop Pemanfaatan Sistem Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru”

 

Foto 3. Guru-guru dan Kepala sekolah SDT Krida Nusantara sebagai peserta workshop

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *