Perancangan Social Media Content dan Pendampingan Social Media Marketing untuk UMKM di Desa Cangkuang Kulon

Perancangan Social Media Content dan Pendampingan Social Media Marketing untuk UMKM di Desa Cangkuang Kulon

Perancangan Social Media Content dan Pendampingan Social Media Marketing untuk UMKM di Desa Cangkuang Kulon

Di kala pandemic COVID-19 dimana banyak pemerintah daerah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dunia usaha terkenda dampak yang cukup signifikan. Hal ini terutama disebabkan menurunnya secara drastis jumlah konsumen yang bisa keluar rumah dan berbelanja. Oleh karena itu, pelaku usaha harus melakukan strategi untuk dapat menjangkau konsumen, walaupun konsumen tersebut tidak meninggalkan rumahnya.

Hal yang bisa dilakukan oleh para pelaku usaha ini adalah melakukan kegiatan pemasarannya dengan cara online menggunakan sosial media. Para pengrajin sepatu di Desa Cangkuang Kulon, Desa Cangkuang Kulon pun dapat melakukan hal yang sama. Dengan melakukan kegiatan promosi menggunakan social media, diharapkan pangsa pasar menjadi semakin luas dan dapat tetap bertahan di masa darurat sosial seperti pada pandemic COVID-19 ini.  Bahkan ketika kondisi sudah menjadi membaik, penggunaan sosial media akan tetap relevan karena perubahan perilaku konsumen yang akan terus beradaptasi dengan ‘new normal’ sebagai hasil dari pandemic ini.

Selain mempermudah penyampaian pesan produk industri sepatu, pembuatan konten social media juga memberikan beberapa manfaat lain sebagai berikut:

  1. Calon konsumen dapat mengetahui keberadaan produk (awareness)
  2. Calon konsumen mengetahui informasi produk
  3. Meningkatkan efektivitas komunikasi pemasaran
  4. Meningkatkan omset UMKM
  5. Memperluas jangkauan distribusi
  6. Bersaing dengan produk-produk luar negeri

Kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan yaitu pelatihan penggunaan social media, pembuatan foto dengan menggunakan telepon genggam, pembuatan postingan produk dengan canva.com, pembuatan akun bisnis untuk Instagram,  yang kemudian dilanjutkan dengan pendampingan.

Pendampingan dilakukan sampai para mitra dapat memiliki akun Instagram dan dapat posting foto produk dengan menggunakan canva.com di Instagram. Berikut adalah contoh postingan Instagram dari peserta yang merupakan target luaran dari kegiatan ini:

Share with:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *