Welcome to School of Communication & Business
Harmony - Excellence - Integrity

Akademik

Fakultas Komunikasi dan Bisnis memiliki 3 Program Studi:

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI

Program Ilmu Komunikasi mempunyai dua peminatan yaitu peminatan marketing communication dan broadcasting. Sistem pembelajaran dan fasilitas pembelajaran yang lengkap dan berbasis ICT.  Hal ini terlihat dari semua fasilitas pembelajaran berbasis ICT, semua kelas dilengkapi dengan in focus, jaringan wifi yang sangat mendukung proses pencarian informasi, sistem presensi perkuliahan, nilai perkuliahan, sistem perwalian, pendaftaran seminar proposal/skripsi semua berbasis sistem informasiIgracias. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi resmi dibuka pada tahun akademik 2008/2009 seiring dengan berubahnya status Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom berdasarlkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 64/D/08 tanggal 28 Maret 2008. Setelah berjalan selama hampir tiga tahun dan telah memenuhi persyaratan akreditasi program studi maka Program Studi S1 Ilmu Komunikasi di akhir tahun 2010 berupaya untuk mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan harapan memenuhi quality assessment and assurance

            Fasilitas lengkap penunjang pembelajaran juga dapat dipergunakan mahasiswa yaitu laboratorium radio, televisi, fotografi dan multimedia. Sarana pembelajaran bukan hanya didapatkan di kelas dan di laboratorium, mahasiswa juga difasilitasi dengan sarana berdiskusi dan mengembangkansoftskill melalui wadah klub-klub mahasiswa diantaranya klub Ready Radio, klub Kofi Fotografi, klub Ikom Channel serta klub ICT.

            Desain kurikulum pembelajaran Program Studi Ilmu Komunikasi dibuat dengan melibatkan praktisi dan akademisi melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD) sehingga kurikulum yang dijalankan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri. Selain menghasilkan lulusan Ilmu Komunikasi yang siap pakai dan dibutuhkan semua industri komunikasi, diharapkan juga mampu menjadikan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur dalam bidang komunikasi karena sudah dibekali pengetahuan dan keahlian yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan.

PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS

Program Studi Administrasi Bisnis adalah salah satu program studi di lingkungan Universitas Telkom yang berada di bawah Fakultas Komunikasi & Bisnis. Program Studi ini mulai menjalankan aktivitas belajar mengajar sejak tahun 2008. Program Studi Administrasi Bisnis diproyeksikan untuk menyiapkan calon-calon tenaga ahli di bidang pengelolaan bisnis kontemporer, yang mampu berkiprah di dunia bisnis domestik maupun global, selalu siap dengan antisipasi perubahan, dan mampu memiliki keunggulan berkompetisi sebagai jawaban atas tantangan persaingan bisnis.

PROGRAM STUDI S1 HUBUNGAN MASYARAKAT

Program studi Digital Public Relation adalah pengembangan bidang Public Relation tradisional. Pembedanya ada pada media yang digunakan, Public Relation tradisional lebih memfokuskan kegiatannya pada media-media elektronik dan cetak, sedangkan Digital Public Relation fokus pada membangun brand, atau persuasi publik secara digital yaitu melalui media berbasis web. Program studi Digital Public Relation satu satunya di Indonesia, di Universitas Telkom.