FKB Melihat Potensi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi

BANDUNG – FKB, Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi menjadi salah satu tujuan program Pengabdian Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bisnis. Rencananya FKB akan melakukan penjajakan penelitian bersama di Geopark Ciletuh – Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, 9-13 April 2017.

Wakil Dekan I Fakultas Komunikasi Bisnis Telkom University, Ade Irma Susanty memaparkan bahwa Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu memerlukan kebijakan integratif pada bidang infrastruktur, karena kawasan tersebut memiliki potensi kearifan lokal yang harus dikembangkan dengan mempertimbangkan norma-norma lokal yang dianut masyarakat setempat jadi tidak semua UKM lantas dapat dikomersialkan secara optimal.

Kujungan Tim FKB ke Kasepuhan Sinar Resmi Rumah Adat di Cisolok Sukabumi

“Kami menyarankan pemerintah daerah membuat kebijakan yang integratif, yang dapat membuat UKM saling sinergi sehingga akses pasar dapat dibuka luas tanpa mengurangi kearifan lokal yang ada” tuturnya.

Potensi yang besar ini harus didukung oleh pembangunan infrastruktur sehingga dapat mendukung destinasi wisata yang masih sulit dijangkau pengunjung, seperti contoh dari 12 titik lokasi air terjun yang berpotensi menjadi lokasi wisata baru 7 titik saja yang memiliki akses, walau tidak menutup kemungkinan lokasi wisata air terjun ini dapat dikemas menjadi wisata trekking.

Salah satu destinasi wisata air mancur yang masih harus didukung oleh pengelolaan infrastruktur dari pemerintah setempat

Tidak hanya mengeksplorasi Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Tim Fakultas Komunikasi dan Bisnis juga bergabung dengan PT Bio Farma, Dinas Pariwisata melakukan sosialisasi konsep edukasi pengembangan kawasan Geopark Ciletuh di Aula Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi dengan peserta sosialisasi 300 orang kepala sekolah dan guru. Selain melakukan kegiatan sosialisasi, Tim juga mengunjungi Balai Pengawasan dan Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Wilayah Selatan Pangumbahan dan menyaksikan langsung bagaimana konservasi penyu dilakukan.

Kunjungan ke lokasi konservasi penyu

Dalam perjalanan ke  Geopark Ciletuh Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi Fakultas Komunikasi dan Bisnis, khususnya Program Studi Ilmu Komunikasi akan membuat kegiatan CSR dan peliputan dalam bentuk film dokumenter, sedangkan Program Studi Administrasi Bisnis akan membuat riset pengembangan bisnis di masyarakat Ciletuh. (TW/FKB)

Dr. Dewi K Soedarsono memberikan pemaparan pada saat sosialisasi di Aula Sekretaris Daerah Sukabumi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *