Desa Siap Lawan Covid19 - Pembangunan Media Mitigasi Bencana Covid-19 Desa Rancatungku Kab Bandung

Penyakit COVID-19 merupakan bencana yang terjadi dengan tidak terduga dan menyebar ke seluruh negara di dunia. Penyebaran penyakit yang sangat cepat dan luas menyebabkan WHO mengklasifikasikan penyakit ini sebagai pandemik. Pada 25 Juni terdapat hampir 10 juta kasus positif diseluruh dunia, dan di Indonesia sendiri tercatat 50 ribu kasus positif. Oleh sebab itu, tim dari Fakultas Ilmu Terapan dan Fakultas Komunikasi & Bisnis menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kolaborasi yang berjudul “Pembangunanan Media Mitigasi Bencana Covid-19” yang bertempat di Desa Rancatungku Kabupaten Bandung sebagai masyarakat mitra.

Tim PkM terdiri dari dosen Fakultas Ilmu Terapan (program studi D3 Sistem Informasi Akutansi, D3 Sistem Informasi, D3 Manajemen Pemasaran dan D3 Teknologi Komputer) yang berkolaborasi dengan tim dosen Fakultas Komunikasi dan Bisnis (program studi S1 Administrasi Bisnis). Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan mahasiswa yang tergabung dalam komunitas StartUpHub.id dan KoRAL (Komunitas Riset Antar Lab) di kedua Fakultas, dan menggandeng Startup Mahasiswa Nyetakin.com untuk pembuatan media edukasi.

Hingga sampai kegiatan ini dilaksanakan, vaksin dari virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih belum ditemukan. Untuk itu masyarakat diharapkan memahami karakteristik virus, cara penyebarannya, dan dapat secara aktif melakukan tindakan deteksi dan pencegahan penularan. Perubahan kebiasaan yang tiba-tiba dalam menjalankan aktivitas tidak pernah mendatangkan kenyamanan, namun perlu dilakukan agar penyebaran virus dapat ditekan, sehingga tidak jatuh lebih banyak korban lagi.

Kegiatan ini memberikan edukasi kepada pihak masyarakat melalui media cetak berbentuk Buku yang berjudul “Kami Siap Lawan COVID-19” dan juga media web www.lawancovid.info. Pada kegiatan ini juga diserahkan bantuan berupa “wastafel portable” yang dirakit dan dirancang oleh tim PkM. Selain itu juga diberikan pelengkapan pendukung untuk mitigasi COVID-19 kepada pihak mitra.

Rangkaian PkM ini ditutup dengan Webinar Abdimas (Pengabdian kepada Masyarakat) yang berjudul Desa Siap Lawan Covid-19 pada tanggal 25 Juni 2020. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Rancatungku Bpk.Ahmad Hendarsah, Bpk.Defi Fahrur Rozi serta perwakilan masyarakat desa Rancatungku. Untuk keberlanjutan kegiatan ini, akan dilaksanakan pembangunan dan dukungan Desa BERSERI di Rancatungku untuk mendukung “Circular Economy”. Selain itu diharapkan dapat meningkatkan kebersihan serta keasrian lingkungan yang sehingga dapat mengurangi resiko berbagai macam penyakit.

Share with:
Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *