Idea Fest Part of Urban Village Sandyakala

Idea Fest Part of Urban Village Sandyakala

Bandung, 04 Januari 2023 – 

Mahasiswa Marketing Communication Universitas Telkom Bandung kembali menggelar acara Idea Fest Part of Urban Village Sandyakala. Acara ini merupakan salah satu rangkaian acara dari Urban Village Sandyakala yang diselenggarakan pada tanggal 4 Januari 2024 di Aula Gedung FKB Telkom University, Bandung.

Acara Idea Fest Part of Urban Village Sandyakala mengangkat tema branding Kota Bandung sesuai dengan Potensi Kota Masing-masing. Tema ini dipilih karena Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki potensi yang sangat besar. Di awali dengan sambutan dari Ibu Ade Irma Susanti, PhD. selaku Dekan Fakultas Komunikasi dan bisnis. Dalam sambutannya, diharapkan mahasiswa angkatan 2021 Marketing Communication menjalankan idea fest ini dengan sepenuh hati, tidak hanya untuk memenuhi ketentuan tugas semata namun memberikan usaha yang terbaik untuk kotanya masing-masing.

Selanjutnya, terdapat pemateri dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Bandung, Bapak Faisal Tachir, S.Sos, M.AP selaku perwakilan Disbudpar. Menyampaikan bahwa kota Bandung merupakan kota yang potensial, terdiri dari budaya tradisional yang beragam, wisata yang tersedia, serta kuliner yang khas cukup dikenal di Indonesia. Selain itu, Bapak Faisal menyatakan turut bangga terhadap Mahasiswa Marketing Communication Telkom University 2021, karena terdapat banyak mahasiswa dari luar kota Bandung yang turut berpartisipasi memberi ide kreatifnya menyukseskan idea fest untuk membranding kota Bandung.

Pertama kali presentasi dibuka oleh organizing committe 2023/2024 Idea fest yang menyampaikan bahwa tema yang akan dibawakan adalah Urban Village Sandyakala, yang berarti guratan merah di langit senja yang mana diharapkan menjadi tempat yang nyaman dan menikmati ketenangan di kota Bandung ini. Selain itu terdapat tiga poin utama yang disampaikan pada Urban Village Sandyakala ialah spirit, collaboration, dan action dikemas melalui semangat dalam kolaborasi serta aksi untuk mencapai tujuan bersama dari seluruh kelas marketing communication angkatan 2021 melakukan branding kota Bandung.

Selanjutnya, penyampaian materi dari Majangdara sebagai kota budaya tradisional yang memperkenalkan tari topeng benjang, disambung presentasi potensi dari Loja Bandung merepresentasikan kota UMKM yang mana ekonomi Bandung tumbuh pesat dikarenakan UMKM yang ada. Lalu seperti yang dikenal luas, serenade sebagai kota budaya populer memperkenalkan seni fotografi yang ada di Jl. Braga. Setelah itu, Ageung sebagai kota metropolitan, yang mana Bandung tumbuh pesat seperti ada Whoosh sebagai tranportasi kereta cepat di Indonesia serta pertumbuhan signifikan yang ada.

Terdapat potensi lainnya disampaikan yaitu, Bandung Ngamumule yang mengusung kota musik memilih ikon angklung sebagai alat musik tradisional dari Jawa Barat untuk membranding kota ini. Selanjutnya, seperti yang kita ketahui Bandung sendiri merupakan kota yang memiliki banyak guratan sejarah di dalamnya, Bandoeng Historoman merupakan kota sejarah yang mengangkat Asia Afrika dan peristiwa Bandung Lautan Api. Lalu, sesi presentasi poten-potensi kota ditutup oleh Karasa sebagai kota kuliner yang memperkenalkan Mie Kocok sebagai salah satu kuliner khas kota Bandung.

Setelah melewati berbagai proses presentasi mengenai potensi dari masing-masing kelas, terdapat kesan pesan yang diberikan oleh para juri. Salah satunya kesan dan pesan disampaikan oleh Pak Nuzrul Irwan Irawan SE, M.Si sebagai juri tamu dari Disbudpar Kota Bandung. Beliau mengatakan bahwa, “Idea Fest ini merupakan acara yang kreatif dan inovatif diselenggarakan mahasiswa, setiap kelas mampu membranding dengan baik kotanya masing-masing sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Kota Bandung memiliki banyak potensi untuk diperkenalkan di kancah nasional maupun internasional.”

Rangkaian acara presentasi dan materi telah disampaikan dengan baik oleh masing-masing kelas demi menunjukkan potensi kotanya yang turut andil membranding kota Bandung, ditutup dengan penampilan dari Commusication untuk memeriahkan suasana acara dengan para penonton yang telah hadir pada Idea Fest part of Urban Village Sandyakala. Kami berharap diselenggarakannya acara ini sebagai bentuk semangat, kolaborasi, serta aksi dari kesembilan kelas marketing communication 2021 Telkom University mengambil bagian untuk menggali, serta memperkenalkan potensi yang ada di Kota Bandung.

Penulis: Sayidina Rahma Uli Boru Tambunan

Editor : Sekretariat Dekanat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *