Home » Lab and Studio

Lab and Studio

 

Laboratorium Broadcast Televisi:

Laboratorium Broadcast Televisi merupakan unit penunjang bagi kegiatan praktikum perkuliahan sejumlah mata kuliah yang berkaitan dengan Broadcast Televisi di Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom, diantaranya adalah Videografi, Teknik Penyutradaraan, Sistem Studio Siaran, Produksi Program Televisi 1, Produksi Program Televisi 2, dan Produksi Film Dokumenter.

Laboratorium Broadcast Televisi adalah wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi keahlian dan kreatifitas serta mengasah kemampuan mahasiswa pada bidang penyiaran (Broadcasting) khususnya di bidang Film dan Televisi.

Laboratorium Broadcast Televisi ini terdiri dari beberapa ruangan, diantaranya:

  1. Ruang Kontrol yang berfungsi sebagai tempat kendali untuk mengontrol dan juga mengontrol peralatan dan memandu kru yang berada di ruang studio, menyatu dengan Post Production yang berfungsi sebagai tahap akhir dalam proses produksi dilengkapi dengan fasilitas peralatan standar broadcast televisi nasional,
  2. Ruang Studio dilengkapi dengan fasilitas peralatan standar broadcast televisi nasional,
  3. Ruang Mini Theater atau screening room yang berfungsi sebagai tempat untuk memberikan penilaian atau quality control terhadap hasil tayangan yang diproduksi oleh mahasiswa,

Laboratorium Broadcast Televisi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh kemampuan praktis sebagai berikut:

  1. Memperoleh ruang ekspresi dalam mengembangkan ide kreatifitas dalam menciptakan suatu program, seperti mengembangkan kemampuan menjadi seorang produser ataupun manajemen pertelevisian, tim kreatif dan program director pada tahap pra produksi dalam proses produksi suatu program.
  2. Menguasai teknik penggunaan peralatan shooting dan Menguasai teknik produksi siaran Televisi termasuk membuat setting dan tatacara studio Televisi pada tahap produksi dalam proses produksi suatu program, seperti mengembangkan kemampuan menjadi seorang Program Director, Floor Director, Direct Of Photography, Camera Person, Lightingman, Art Director yang mengerti bagaimana memandu sebuah program, mengerti teknik penggunaan kamera, tata cahaya (lighting), tata aritistik (Art and props).
  3. Menguasai teknik produksi reportase untuk program News.
  4. Menguasai teknik tapping, Live production untuk program Televisi.
  5. Menguasai teknik editing post production untuk program Televisi.
  6. Melakukan pengembangan Mahasiswa dalam kreatifitas penyiaran dengan dukungan peralatan Broadcasting.
  7. Memberikan ruang ekspresi dan membentuk karakter pada mahasiswa agar siap bekerja sesuai dengan pembelajaran praktikum perkuliahan sehingga menjadi professional di bidang Broadcast Televisi.

Laboratorium Radio:

 

Laboratorium Radio merupakan unit pendukung bagi kegiatan perkuliahan penyiaran radio yang diselenggarakan oleh civitas akademik khususnya Jurusan Broadcasting Ilmu Komunikasi Universitas Telkom, melalui sarana lab radio yang didukung dengan peralatan standar radio nasional mahasiswa melakukan pembelajaran dan praktikum sehingga memperoleh keterampilan sesuai kebutuhan station radio bertaraf nasional.

Tujuan Laboratorium Radio:

  1. Melakukan pengembangan mahasiswa dalam kreatifitas penyiaran dengan dukungan alat yang tersedia.
  2. Memberikan ruang ekspresi pada mahasiswa untuk menjadi penyiar radio.
  3. Memperkenalkan pada mahasiswa mengenai prosedur siaran radio.
  4. Melakukan pelatihan untuk mahasiswa dalam penggunaan software siaran radio.
  5. Melatih mahasiswa untuk mampu menguasai editing produksi siaran radio.
  6. Membekali mahasiswa dalam membuat program acara siaran radio.
  7. Memperkenalkan penggunaan hardware dalam produksi radio.
  8. Memberikan pelatihan pada mahasiswa proses Pra- produksi, Produksi, Pasca Produksi.
  9. Membentuk mahasiswa untuk siap bekerja sesuai dengan pembelajaran praktikum sehingga menjadi profesionalisme di bidang radio.

Laboratorium Fotografi

Laboratorium Fotografi merupakan fasilitas penunjang civitas akademik Ilmu Komunikasi Universitas Telkom dalam perkuliahan fotografi, khususnya dalam kegiatan praktikum didukung dengan peralatan fotografi secara langsung sehingga menunjang mahasiswa untuk memahami antara materi yang disampaikan melalui praktik di lab fotografi sebagai media pembelajaran yang informatif dan aplikatif dengan hasil karya foto mahasiswa melalui penggunaan kamera dan lighting yang disediakan di lab fotografi.

Tujuan Laboratorium Fotografi:

1. Sejarah lahirnya fotografi
2. Membekali dalam pemahaman dasar fotografi
3. Memberikan pelatihan teknik pengambilan gambar
4. Mengetahui jenis – jenis kamera yang digunakan
5. Mengetahui jenis – jenis lighting foto studio
6. Mampu menggunakan kamera fotografi digital
7. Mampu menggunakan lighting foto studio
8. Melakukan proses editing foto yang dihasilkan
9. Memberikan hasil foto terbaik melalui pameran

Laboratorium Public Speaking

 

Laboratorium Model Bisnis & Entrepreneur Spirit

Laboratorium Model Bisnis & Entrepreneur Spirit merupakan unit pendukung bagi kegiatan perkuliahan analisis bisnis, institusi & dinamika bisnis, kewirausahaan, kewirausahaan lanjutan, model bisnis dan operasi bisnis yang diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis. Lab Model Bisnis dan Entrepreneur Spirit diperuntukan untuk mahasiswa fakultas komunikasi bisnis khususnya prodi administrasi bisnis untuk menjadi wadah dalam.mengembangkan spirit kewirausahaan.

Tujuan laboratorium:
1. Sebagai wadah mahasiswa dalam mengembangkan spirit kewirausahaan.
2.memberikan ruang inspirasi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.
3. Memperkenalkan mahasiswa pada model bisnis dan kewirausahaan.
4. Membantu mahasiswa mengaplikasikan keterampilan berbisnis melalui simulasi bisnis.

 

Laboratorium Retail Preneur

Laboratorium Ritel Preneur merupakan unit pendukung bagi kegiatan perkuliahan ritel, kewirausahaan dan operasi bisnis yang diselenggarakan oleh Program Studi Administrasi Bisnis. Lab Ritelpreneur diperuntukan untuk mahasiswa Fakultas Komunikasi Bisnis khususnya Prodi Administrasi Bisnis untuk menjadi wadah dalam.mengembangkan kreatifitas dan inovasi di bidang operasi bisnis, kewirausahaan dan ritel.

Tujuan lab Ritelpreneur
1. Sebagai wadah mahasiswa dlm mengembangkan kreativitas dan inovasi di bidang bisnis.
2. Memberikan ruang ekspreai mahasiswa dal.bidang ritel.
3. Memperkenalkan mahasiswa pada operasi bisnis khususnya supply chain management dan manajemen logistik.
4. Membantu mahasiswa mengaplikasikan keterampilan dalam bidang bisnis

Laboratorium Audit Komunikasi